PROGRAM BIPA SEBAGAI BATU LONCATAN MENUJU INTERNASIONALISASI UNIVERSITAS MATARAM

Program Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing (BIPA) sekarang sangat semarak dilaksanakan oleh lembaga-lembaga perguruan tinggi dan lembaga-lembaga swasta sebagai sebuah program yang menjanjikan dalam hal pendidikan sebagai bisnis. Dari Workshop yang diselenggarakan selama 3 hari di  Senggigi Beach Hotel dari tanggal 13-15 April 2011 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia sebagai Penutur Asing (APBIPA) dan Kantor Bahasa Propinsi NTB terlihat bagaimana geliat Program BIPA baik di dalam maupun di luar negeri. Tetapi yang baru tersentuh dari kegiatan kebanyakan pada dimensi bisinis saja berupa kegiatan kursus-kursus Bahasa Indonesia untuk orang asing.

Perlu disadari bahwa orang asing belajar bahasa Indonesia tidak untuk menjadi linguist bahasa Indonesia tetapi mempelajari bahasa sebagai alat komunikasi untuk mencapai tujuan lain. Orang asing belajar Bahasa Indonesia untuk memperdalam tentang kesehatan, pertanian, hukum, agama, adat istiadat daerah atau budaya Indonesia. Maka dari Program Belajar Bahasa Indonesia selanjutnya bisa dibuka dimensi-dimensi lain. Meminjam istilah Nyoman Riasa dari APBIPA Bali dan Presiden APBIPA Indonesia dalam sambutannya pada Workshsop Metodologi BIPA di Senggigi Beach Hotel yang mengatakan bahwa Program BIPA ibaratnya sebagai “sebuah hutan belantara” yang di dalamnya terkandung potensi-potensi yang luar biasa untuk digali. Program BIPA sendiri menjanjikan dari dimensi bisnis (sebagai program kursus), dimensi bidang ilmu (perlu ada kajian khusus tentang BIPA (linguistic dan pembelajarannya) dan dimensi profesi (BIPA menjanjikan pekerjaan sebagai profesi). Sebagai bidang ilmu, BIPA membuka peluang studi tentang linguistic yang diperlukan dalam pembelajaran BIPA dan studi tentang bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing yang pendekatan pengajarannya berbeda dengan BIPI (Bahasa Indonesia untuk Penutur Indonesia). Dari dimensi profesi, BIPA menjadi profesi yang menjanjikan. Alumni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau bidang lainnya dengan berbekal sebagai penutur asli Bahasa Indonesia sangat potensial untuk menjadi instruktur BIPA dengan melalui jalur sertifikasi guru BIPA. Mengapa harus disertifikasi? Bisa berbahasa Indonesia bukan berarti bisa mengajarkan Bahasa Indonesia. Perlu pembekalan ilmu keguruan (kompetensi pedagogis) spesifik tentang BIPA. Pusat Bahasa UNRAM telah mencoba menjajagi dimensi-dimensi lain tersebut melalui kegiatan-kegiatan penelitian dan dan pengembangan staff untuk BIPA.

Untuk lintas bidang ilmu, BIPA bisa menjadi inkubasi bagi program-program lain mengingat belajar bahasa Indonesia bukan merupakan tujuan akhir tetapi tujuan antara. Dari komunikasi yang disampaikan oleh Resident Directors Program In-Country RUILI (Regional Universities Indonesian Language Initiatives) yang menyelenggarakan program Bahasa Indoensia di Pusat Bahasa UNRAM secara rutin mengatakan bahwa program BIPA ini seharusnya bisa menjadi batu loncatan untuk kerjasama-kerjasama selanjunya di bidang lain. Dengan adanya kerjasama dalam pembelajaran bahasa Indoensia dengan 4 universitas di Australia yang tergabung dalam RUILI akan memudahkan untuk menjajagi kerjasama di bidang lain. Di sinilah diperlukan usaha-usaha oleh unit-unit lain di lingkungan Universitas Mataram. Komunikasi dengan salah satu dosen UNRAM yang sedang menyelesaikan Ph.D. di Australia, Bapak Untung Waluyo, juga mengatakan hal yang sama. Dari Program In-Country di Pusat Bahasa UNRAM telah lahir opini-opini untuk mengembangkan program lain. Cuma kita perlu lebih pro-aktif dalam kerjasama, tidak menunggu bola, tapi harus menjemput. Usaha internasionalisasi UNRAM bisa mulai dari sini. Inilah PR untuk bidang kerjasama UNRAM dan Internasional Office UNRAM yang telah terbentuk. Dengan demikian, impian untuk menjadikan UNRAM sebagai world class university sedikit-demi-sedikit bisa terwujud. Tetapi, semua itu memerlukan kerja keras dan dedikasi yang tinggi pada semua civitas academica UNRAM. Selamat bekerja!!!!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s